Friday, March 29, 2013

Mercedes-Benz Revitalisasi Segmen Komersial Dengan Euro3


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimXvgzaKP60110jOGzyknhs3DkA1hEsAqh0qcJV57nIMqZ515TJjSDsG5pXZDhQO0qE1eSCzFKLt71E0K1aptwJ-dBjyv_3PQTIQEMCGZZ1CenVn02PSQn8uujSBQBU_-kyZsuslxWjZ4/s1600/247144_2122455777937_1142120028_32742361_4416322_n.jpg

  • Bus OH 1521 Euro3 andalan baru Mercedes-Benz Indonesia di kategori komersial
 PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI), merevitalisasi kembali bisnisnya di segmen komersial,  yaitu memasarkan sasis untuk bus premium.  Sebagai bukti, setelah meluncurkan sasis bus paling top, OH 1526 Euro3, pada akhir Januari lalu, disusul dengan OH1521 Euro3. 
Khusus untuk peluncuran OH1521 akhir minggu lalu di Bandung, MBI mengundang para pemilik armada di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera, terutama dari perusahaan otobus (PO)
 untuk melihat dan mencoba langsung produk bus tersebut. Mereka juga diberi kesempatan mencoba OH1526 yang menggunakan mesin 6 silinder atau kapasitas lebih besar untuk angkutan jarak jauh atau antara propinsi.
Lebih Irit. Sebenarnya, OH1521 bukan produk total baru. Versi yang baru saja diluncurkan menggunakan mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro3 (sebelumnya Euro2). Mesin 4 silinder  ini, selain ramah lingkungan, juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan MBI, kendati tenaga mesin tidak berubah, namun torsinya naik 12 persen. Hasilnya, konsumsi bahan bakar lebih irit 36 persen.
Di segmen komersial, saat ini Mercedes-Benz hanya mengandalkan sasis untuk bus. Sedangkan untuk truk, terutama di kelas 2 ton, tidak lagi ikut bermain. “Sudah ada Mitbusihi yang kebetulan saat ini memdominasi pasar truk di Indonesia dan satu grup dengan kita,” jelas Rudi Borgenheimer, CEO dan Presdir PT MBI. Karena itulah,  MBI konsentrasi pada sasis bus premium. 
Tiga Varian. Saat ini MBI memasarkan tiga jenis sasis untuk bus, yaitu OH 1518, OH 1521 dan 1525  (sekarang digantikan oleh OH1526). Pada kuartal pertama, MBI telah berhasil menjual 130 unit sasis secara ritel, paling banyak adalah OH1525, 115 unit. Menurut MBI dengan penjualan sebanyak itu, Mercedes-Benz menguasai pasar sasis bus 51 persen.
Melihat perkembangan penjualan berbagai kategori kendaraan selama kuartal pertama 2010 dan terjadinya perubahan trendangkutan penumpang ke bus besar, plus makin gencarnya parawisata di Indonesia, MBI yakin tahun ini bisa menjual paling tidak 850 unit sasis bus.
Dijelaskan pula, tiga varian sasis bus yang dipasarkan Mercedes-Benz, OH1518 untuk jarak sedang dan dekat. Sedangkan OH1521 untuk jarak sedang atau parawisata. Sedangkan OH1526 untuk jarak jauh dengan medan lebih berat. “Karena itulah kita menggunakan mesin lebih beasr, 6 silinder. Tenaganya lebih besar dari OH1521 yang diluncurkan sekarang ini,” Rudi.
Kedua sasis bus terbaru ini, dijual dengan harga off-road Rp 599 juta untuk OH1521 dan 639 juta untuk OH1526. Untuk bodi, Mercedes-Benz mempercayai pada beberapa koroseri di Bogor, Magelang dan Malang. “Kendati demikian, kita tetap mengontrol kualitasnya,” jelas Yuniadi H. Hartono, Deputy Pemasaran PT MBI.
Spesifikasi
 
OH1521 OH1526
Mesin
4-silinder, Euro3
(OM 924LA)
6-silinder Euro3
(OM 906 LA)
Kapasitas                        (cc)
4.800 6.374
Tenaga           (kw/PS @rpm)
155(210) @2.200 194 (260) @2.200
Tosi maks          (Nm @rpm)
740 @1.480–1.600 950 @1.200-1.600
Berat – GWV                 (kg)
15.000 15.000
Kecepatan maks             kpj
120 120
Daya tanjak                      %
34 36
Kapasitas tangki BBM liter 300 300

0 comments:

Post a Comment